Menengok Kategori DEI yang Diperlombakan dalam IDEAS 2024

Share post
Penyelenggaraan IDEAS 2023 di Belitung, Rabu (2/8/2023). Foto: HUMAS INDONESIA

Kategori diversity, equity, inclusion (DEI) dalam The 3rd Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) terbagi ke dalam empat subkategori. Apa saja?

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID Dalam waktu dekat, PR INDONESIA melalui ajang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2024, akan kembali memberikan penghargaan kepada humas yang mampu menunjukkan kinerja positif dalam mengomunikasikan diversity, equity, inclusion (DEI), dan enviromental, social, governance (ESG) di setiap institusi.

Mulai bergulir sejak pendaftaran dibuka tanggal 13 Mei hingga 9 Juni mendatang, IDEAS 2024 menghadirkan dua kategori untuk diperlombakan, salah satunya kategori DEI. Pada kategori berbasis entri ini, terdapat empat subkategori yang bisa dipilih oleh peserta. Berikut daftarnya.

1. Kesetaraan Gender dan Keragaman

2. Keberpihakan terhadap Disabilitas

3. Kesetaraan Peluang Karier

4. Pemberdayaan Karyawan dan Kemampuan Beragam

Secara umum, Calvin, dkk dalam penelitian berjudul Analisa Strategi Diversity Analytic pada Suatu Perusahaan (2023) memaparkan, DEI merupakan konsep program maupun kebijakan yang dirancang suatu organisasi dengan tujuan mendorong representasi dan partisipasi dari beragam populasi, termasuk etnis, gender, ras, kemampuan, disabilitas, budaya, agama hingga usia.

Adapun dalam kompetisi IDEAS 2024, peserta yang memilih kategori ini ditantang untuk menunjukkan praktik terbaik penerapan komunikasi terkait konsep yang dijalankan oleh institusi masing-masing.

IDEAS 2024

IDEAS merupakan ajang kompetisi program komunikasi/public relations (PR)/kehumasan strategis yang berbasis pada praktik terbaik penerapan komunikasi diversity, equity, inclusion (DEI) dan environment, social, governance (ESG). Kompetisi ini terbuka untuk humas kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi negeri, BUMN, anak usaha BUMN, BUMD, RSUP/RSUD, korporasi multinasional, korporasi swasta nasional, LSM, dan organisasi nonprofit se-Indonesia.

Tahun ini, terdapat lima dewan juri yang diterjunkan untuk melakukan penilaian. Mereka adalah CEO Center for Public Relations, Outreach and Communication Emilia Bassar, ahli dalam praktik DEI Dyah Indrapati, ahli dalam praktik ESG Herry Ginanjar, founder sekaligus CEO PR INDONESIA Group Asmono Wikan, serta Wakil Rektor I LSPR Janette Maria Pinariya.

Adapun untuk mengikuti ajang IDEAS 2024, peserta hanya perlu mendaftarkan entri berupa presentasi dalam format soft copy melalui tautan bit.ly/ENTRYIDEAS2024. Setiap institusi dapat mendaftarkan lebih dari satu entri, dengan biaya senilai Rp950.000 per entri.

Pembayaran entri dapat dilakukan melalui mekanisme transfer ke rekening PT MEDIA PIAR INDONESIA, Bank BNI Cabang Gambir No. Rekening: 389635267, paling lambat tanggal 9 Juni 2024. Perlu diperhatikan, entri yang telah didaftarkan akan dinyatakan gugur seleksi administrasi apabila pembayaran melewati tanggal tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat menghubungi Sdr. Yamin  (085883921252), Sdri. Florentia (081315180560), dan Sdri. Sherly (082138234060). Ikuti terus informasi IDEAS 2024 melalui website maupun media sosial HUMAS INDONESIA dan PR INDONESIA. Selamat berkompetisi! (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas