Perhatikan Hal Ini Sebelum Menyunting “Caption” Foto Berita

Share post
Peserta kelas “Fotografi Jurnalistik” di acara GPR Academy BPSDM Jatim 2023 di Surabaya, Selasa (5/12/2023). Foto: Rouf/BPSDM Jatim.

Gambar dalam berita memerlukan keterangan teks untuk mendeskripsikan muatan informasi, atau dikenal dengan caption.

SURABAYA, HUMASINDONESIA.ID – Salah satu faktor yang menentukan pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh audiens yang menjadi sasaran, terletak pada kemampuan penulis pesan, dalam hal ini humas, memberikan keterangan pada foto atau disebut dengan caption.

Menurut Maha Eka Swasta, Editor foto ANTARA NEWS, saat mengisi kelas “Fotgrafi Jurnalistik” GPR Academy BPSDM Jatim 2023 di Surabaya, Selasa (5/12/2023), caption foto merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari foto berita. Caption foto berfungsi sebagai informasi tambahan atas peristiwa yang diberitakan. Keterangan teks pada foto ini berisi tentang penjelasan tentang foto dan pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak.

Ia melanjutkan, ada dua kriteria dalam menulis caption. “Jangan lebih dari dua kalimat,” kata singkat. Kalimat pertama menceritakan tentang deskripsi foro dalam format waktu sekarang dengan menyebutkan keterangan tempat dan waktu. Sementara kalimat kedua berisi pesan, latar belakang berita, informasi atau data tambahan keterangan lainnya.

Selain jumlah kalimat, ada cara-cara tertentu untuk dapat membuat caption foto yang idea. Misalnya, caption foto harus memuat unsur dasar jurnalistik 5W+1H dan ditulis dengan bahasa jurnalistik yang singkat, sederhana, lengkap, serta menganut prinsip ekonomi kata. Yakni, mereduksi kata agar tidak bertele-tele serta tidak boleh beropini.

Aspek lain yang tidak kalah penting adalah memerhatikan ejaan dan struktur kalimat yang benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Selain itu, kata Eka, caption foto akan lebih efektif jika ditulis menggunakan kalimat aktif. “Caption foto tidak boleh menimbulkan multitafsir bagi pembaca,” tambahnya.

Tiga Struktur

Layaknya membuat berita yang terdiri dari judul, kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita, pun demikian dengan caption. Keterangan teks pada foto memiliki struktur yang hampir sama. Caption foto terdiri dari tiga struktur. Yakni, deskripsi foto, badan berita, dan kredit foto.

Deskripsi foto berisi tentang keterangan foto yang dijabarkan dalam kalimat pertama. Adapun badan berita berisi tentang informasi dari berita yang ditampilkan kepada pembaca yang ditulis di kalimat kedua. Sementara kredit foto merupakan keterangan pemilik foto/copyright. (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas