Puncak IDEAS 2023, Apresiasi untuk Komunikasi DEI & ESG

Share post
Puncak The 2nd Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023 di Belitung, Jumat (4/8/2023). Foto: Dok. HUMAS INDONESIA

Penyerahan apresiasi bagi program komunikasi terbaik berbasis pada praktik diversity, equity, inclusion (DEI) dan environmental, social, governance (ESG), The 2nd Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023, berlangsung di Belitung, Jumat (4/8/2023).

BELITUNG, HUMASINDONESIA.ID – Belitung menjadi saksi penyerahan apresiasi Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023, Jumat (4/8/2023). IDEAS merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh HUMAS INDONESIA untuk mengukur karya-karya terbaik program komunikasi berbasis pada praktik diversity, equity, inclusion (DEI) dan environmental, social, governance (ESG).

Penyerahan apresiasi ini terasa istimewa karena disaksikan langsung oleh Bupati Belitung Sahani Saleh selaku tuan rumah. Di hadapan para pemenang dan tamu undangan, ia menyampaikan selamat sekaligus mengapresiasi penyelenggaraan kompetisi ini. Menurutnya, sudah saatnya para praktisi komunikasi mendapat tempat yang terhormat. Apalagi komunikasi merupakan salah satu elemen kunci membangun peradaban. Komunikasi juga memegang peranan penting dalam mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam DEI dan ESG.

Belitung adalah cerminan betapa komunikasi telah memainkan peran vital dalam menjaga dan mengelola keberagaman (diversity, salah satu aspek DEI). Di sinilah tempat bernaung masyarakat dari berbagai latar etnis, suku, hingga budaya,” ujarnya.

Pernyataan Bupati Sahani diamini oleh Asmono Wikan, founder dan CEO HUMAS INDONESIA. Ia juga menyoroti tentang semakin pentingnya peran humas dalam mengomunikasikan DEI dan ESG. “Saat ini dunia internasional sedang memotret implementasi DEI dan ESG. Sementara para investor mencermati penerapan ESG untuk mengevaluasi kinerja perusahaan sebagai pertimbangan rencana investasi mereka,” kata Anggota Dewan Pers periode 2022 - 2025 ini.

Ia melanjutkan, praktisi humas berperan untuk memberikan kepastian terkait keberlanjutan di masa depan. Bahwa penerapan DEI dan ESG yang dijalankan dapat dirasakan manfaatnya, bukan hanya oleh organisasi, tapi juga berbagai aspek mulai dari sosial, kultural, lingkungan, hingga ekonomi.

Pada penyelenggaraan kompetisi kali kedua ini, HUMAS INDONESIA memberikan apresiasi kepada 73 pemenang. Mereka adalah pemenang yang dinilai berdasarkan entry dan nonentry. Untuk penilaian berbasis entry tercatat ada 46 pemenang dari 27 instansi. Masing-masing dari kategori Program Komunikasi Strategis Berbasis Praktik DEI (13 pemenang), Program Komunikasi Strategis Berbasis Praktik ESG (33 pemenang).

Para pemenang berbasis entry ini adalah peserta yang telah mengikuti babak presentasi di hadapan dewan juri pada 26 – 27 Juni 2023. Para juri meliputi Asmono Wikan (Founder dan CEO HUMAS INDONESIA), Dyah Indrapati (Executive Director Institut Harkat Negeri dan Pakar DEI), Herry Ginanjar (Pendiri etKomunika dan pakar ESG), Emilia Bassar (CEO CPROCOM), serta Verlyana Hitipeuw (CEO & Principal Consultant Kiroyan Partners).

Sementara untuk kategori nonentry, apresiasi diberikan kepada 27 Pemimpin Berpengaruh di Media Digital. Pada kategori ini, HUMAS INDONESIA menggandeng NoLimit, perusahaan teknologi yang fokus memonitor dan melakukan analisis terhadap media online dengan menggunakan teknologi big data. Penilaian untuk kategori ini diambil berdasarkan data-data pemberitaan di media online selama rentang waktu 1 Juli 2022 hingga 30 April 2023 dengan memonitor lebih dari 15.000 media online dan percakapan di media sosial.*)

Selamat kepada para pemenang. Sampai jumpa di IDEAS 2024!***

*) Seluruh materi dan dokumentasi IDEAS 2023 dapat diakses di https://bit.ly/DOKUMEN_IDEAS_2023. Sementara daftar lengkap pemenang dapat dilihat di sini.  

 

Tentang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS)

Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2023 merupakan ajang kompetisi program komunikasi/public relations/kehumasan strategis yang berbasis pada praktik terbaik penerapan DEI dan ESG di setiap Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi Negeri, BUMN, Anak Usaha BUMN, BUMD, RSUP/RSUD, Korporasi Multinasional, Swasta Nasional, LSM & Organisasi Nonprofit se-Indonesia. Ada tiga kategori yang dikompetisikan. Antara lain, kategori berbasis penjurian berupa Program Komunikasi Strategis Berbasis Praktik DEI dan Program Komunikasi Strategis Berbasis Praktik ESG. Adapun kategori Pemimpin Terpopuler di Media Pemberitaan Online dinilai berdasarkan jumlah eksposur tertinggi di media online.  

Tentang HUMAS INDONESIA

HUMAS INDONESIA merupakan brand media online yang fokus menyajikan informasi dan pemberitaan seputar sosok, peristiwa, kiprah, kompetensi, kinerja kehumasan pemerintah dan badan publik. Media komunitas yang lahir sejak 2019 ini juga aktif menyelenggarakan berbagai aktivitas turunan seperti Anugerah Humas Indonesia (AHI), Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS), Indonesia GPR Awards (IGA). Media yang mengusung tagline “Untuk Reputasi Indonesia” ini juga rutin mengadakan kegiatan mulai dari forum diskusi, seminar, dan pelatihan reguler kehumasan pemerintah.

Narahubung:

Ratna Kartika, 08119444654, [email protected]


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas