Satu Frekuensi antara Humas dengan Pimpinan

Share post
Founder dan CEO HUMAS INDONESIA Asmono Wikan saat menjadi narasumber di acara GPR Academy BPSDM Jatim 2023 di Surabaya, Senin (4/12/2023). Foto: Rafi/BPSDM Jatim.

Menurut Asmono Wikan, salah satu kesuksesan humas menjalankan program komunikasi karena humas berada di jalur yang sama dengan pimpinannya, alias satu frekuensi.

SURABAYA, HUMASINDONESIA.ID – “Mari pastikan Anda dan pemimpin Anda berada dalam satu frekuensi yang sama.” Demikian pernyataan founder dan CEO HUMAS INDONESIA Asmono Wikan saat mengisi acara pembukaan GPR Academy BPSDM Jatim 2023 yang diselenggarakan di Surabaya, Senin malam (4/12/2023).

Ada kalanya, kata Asmono, tim humas telah memiliki pemahaman yang kuat tentang langkah-langkah yang perlu diambil. Namun, sebaliknya, pemimpin perusahaan justru belum sepenuhnya menyadari potensi dan peran strategis dari humas. Inilah yang dimaksud antara pemimpin dengan humas belum satu frekuensi.

Menurut pria yang merupakan Anggota Dewan Pers 2022 – 2025 tersebut, kesuksesan humas bisa dicapai ketika pemimpin menjadikan humas berada di level strategic management. Dengan demikian, humas terlibat dalam setiap keputusan penting perusahaan.

Saat menempatkan humas di taraf manajemen strategis organisasi/institusi, perencanaan dan strategi komunikasi yang dilancarkan oleh praktisi humas akan berdasarkan pada tujuan, visi dan misi organisasi. Tanpa fungsi manajemen yang kuat, humas akan sulit mewujudkan upaya mengelola situasi krisis atau bahkan membangun reputasi organisasi. Padahal, humas merupakan garda terdepan perusahaan dalam mengelola kedua aspek tersebut.

Lebih lanjut, kata peraih gelar magister Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, sudah semestinya pemimpin perusahaan tidak lagi menyamakan humas bak “pemadam kebakaran” yang hanya diandalkan saat perusahaan berada dalam situasi krisis. Sebaliknya, humas harus dipandang sebagai bagian dari strategi manajemen yang proaktif, bertindak untuk mencegah dan mengelola isu sebelum meledak menjadi krisis. 

Maka, ia berpesan kepada humas yang hadir malam itu,  agar humas berani untuk mengatakan kepada pemimpinnya masing-masing agar sama-sama belajar sehingga humas berada pada fungsi strategis manajemen. (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas