“Elevator Pitch” dan Masa Depan “Public Affairs”

Share post
Ilustrasi elevator pitch. Foto: Pexels

Elevator pitch secara harfiah berarti promosi di dalam lift. Kaitannya dengan lift adalah dalam waktu sesingkat itu, praktisi komunikasi harus mampu menyampaikan pesan yang membuat lawan bicara berkeinginan menindaklanjuti atau mencari tahu lebih jauh.

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID - Di kalangan eksekutif dikenal dengan istilah elevator pitch yang secara harfiah berarti promosi di dalam lift. Tentunya ini adalah kiasan dan artinya menyampaikan suatu gagasan atau memperkenalkan diri atau bisnis yang kita geluti dalam waktu yang sangat singkat.

Di sinilah kaitannya dengan list atau dalam bahasa Inggris Amerika disebut elevator. Umumnya, kita berada di dalam lift antara 0.5 – 2 menit, dan dalam waktu sesingkat itulah kita harus mampu menyampaikan pesan yang membuat lawan bicara berkeinginan menindaklanjuti atau mencari tahu lebih jauh.

Kalau menyangkut produk atau benda nyata, tentunya lebih mudah bagi kita untuk menyampaikan pesan dengan merinci fitur-fitur baru atau menonjolkan dari benda yang kita promosikan. Tantangannya jauh lebih besar kalau yang ingin kita sampaikan adalah gagasa, konsep, atau jasa yang tidak dapat dilihat secara kasat mata seperti public affairs.

Selengkapnya Baca di E-MAGZ Edisi 102: “Elevator Pitch” dan Masa Depan “Public Affairs”

Share post

Tentang Penulis
Noke Kiroyan

Noke Kiroyan

Chairman Chief Consultant Kiroyan Selengkapnya...
ARTICLE (6)