4 Langkah menjadi Humas Adaptif

Share post
Ilustrasi adaptasi teknologi. Foto: humanresourcesonline.net

Humas dikenal sebagai profesi yang memiliki dinamika tinggi karena selalu dihadapkan pada berbagai perubahan dan tantangan, mulai dari tren sampai teknologi. 

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Banyak yang sepakat bahwa humas merupakan profesi yang memiliki dinamika tinggi. Bahkan dalam seminar “ASEAN SPOT: AI & The Future of PR in ASEAN” di Jakarta, Jumat (16/6/2023), Prita Kemal Gani, pendiri sekaligus CEO LSPR Communication and Business Institute, mengatakan, PR telah melewati empat era. Antara lain, PR 1.0, PR 2.0, PR 3.0, dan PR 4.0. Keempat era tersebut selalu dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan zaman.

BACA JUGA: Mengenal 4 Era Humas

Dari kenyataan inilah, dapat disimpulkan bahwa praktisi PR harus adaptif. Namun, untuk bisa jadi adaptif perlu kesungguhan dan dukungan. Dikutip dari djkn.kemenkeu.go.id, terdapat empat hal yang harus ditingkatkan untuk membentuk humas yang adaptif. Berikut uraiannya:

1. Komitmen Pimpinan

Pimpinan berperan penting untuk mendorong setiap lini di bawahnya agar terus bergerak maju. Komitmen pimpinan pada dasarnya bukan hanya berasal dari pucuk tertinggi, tetapi juga pimpinan di level manajerial.

2. Data Driven Policy

Menurut Ahasanul Hoque, seperti yang diunggah di linkedIn, data driven policy merupakan kebijakan yang mengacu pada proses penggunaan analisis dan wawasan data untuk membangun, mengimplimentasikan, dan mengevaluasi kebijakan publik. Data driven policy di semua tingkat akan berdampak pada peningkatan efektivitas.

3. Kolaborasi dengan Tenaga Profesional

Untuk dapat memperluas keterampilan, praktisi humas seyogianya dapat berkolaborasi dan menjalin relasi dengan tenaga profesional yang lain. Misalnya, menambah keterampilan di bidang desain grafis.

4. Peralatan Penunjang yang Memadai

Proses untuk beradaptasi harus didukung dengan peralatan yang memadai. Tidak ada salahnya perusahaan memberikan standarisasai peralatan tambahan di setiap unit sebagai indikator komitmen perusahaan.

Demikian empat langkah yang dapat dilakukan untuk mendukung humas yang adaptif. (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas