5 Karakteristik Media Sosial Menurut Mayfield

Share post
Ilustrasi media sosial. Foto: coriate.com

Ada lima karakteristik media sosial yang mesti dikuasai oleh humas. Simak uraiannya berikut ini.

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Di era digital seperti sekarang ini, peran media sosial bagi bidang humas menjadi semakin krusial. Keberadaan media sosial ini turut mengubah cara organisasi dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens.

Nah, yang patut dicermati oleh humas adalah tiap media sosial memiliki karakteristik dan keunikan masing-masing. Mayfield Antony dalam bukunya yang berjudul What is Social Media? (2008) mengklasifikasikan lima karakteristik dari media sosial. Berikut ulasannya:

1. Participation & Engagement

Karakteristik utama dari media sosial adalah kaburnya batasan antara media dengan audiens. Maksudnya, media sosial mampu mendorong kontribusi dan umpan balik dari audiens secara langsung tanpa adanya perantara.

2. Opennes

Karakteristik kedua dari media sosial adalah bentuknya yang terbuka dan kemudahan akses yang diberikan. Media sosial mendorong adanya pemungutan suara/voting, komentar, membagikan konten, dan masih banyak lagi.

3. Conversation

Media sosial memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi secara dua arah. Bagi humas, fitur ini sangat membantu untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan umpan balik langsung dari audiens yang menjadi sasaran.

4. Community

Media sosial juga bisa menjadi wadah suatu komunitas. Bahkan komunitas virtual tersebut dapat mudah terbentuk dengan cepat dan dapat berkomunikasi secara efektif. Komunitas virtual yang lahir biasanya terjadi karena adanya semaan minat, seperti pecinta fotografi, pecinta fashion, pecinta kucing, dan lain-lain.

5. Connectedness

Karakteristik media sosial yang lain adalah kemudahan untuk terkoneksi dengan platform media sosial yang lainnya. Keterhubungan antarplatform tersebut bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan pranala yang ada.

Dilansir dari kompas.id, media sosial dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian publik lewat sebuah konten. Fungsi ini dapat berjalan optimal manakala humas mampu memahami karakteristik media sosial. (AZA)


Share post

Tentang Penulis
Humas

Humas