Kredibilitas merupakan aspek fundamental yang harus senantisa dibangun oleh humas, karena berkaitan erat terhadap keberhasilan dalam menjalin hubungan dengan banyak pihak.
JAKARTA, HUMASINDONESIA.ID—Kredibilitas yang muncul karena kepercayaan dan keahlian, merupakan aspek fundamental yang harus senantiasa dibangun oleh praktisi humas. Sebab, kredibilitas bagi suatu organisasi merupakan kunci keberhasilan dalam hubungan dengan publik maupun stakeholder lainnya.
Dalam upaya membangun kredibilitas, ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh humas. Namun, berdasarkan buku The Principles of Power (2023) karya Dion Yulianto, setidaknya terdapat tujuh tips yang dapat membantu pencapaiannya. Berikut uraiannya.
1. Menguasai Bidang
Kredibilitas merupakan buah dari pengetahuan dan keahlian mendalam terhadap bidang yang digeluti. Dalam konteks humas sebagaimana dikutip dari laman lpsr.ac.id, adaptasi penggunaan teknologi seperti untuk melakukan analisis data, merupakan sedikit dari upaya penguasaan bidang yang harus dilakukan humas kiwari.
2. Menjaga Integritas dan Etika
Kepercayaan pihak lain terhadap organisasi dapat dipastikan ketika kejujuran dan etika diterapkan dalam setiap tindak tanduk.
3. Beri Ruang bagi Orang Lain
Kredibilitas dapat diupayakan humas dengan memberi ruang bagi stakeholders untuk berbicara, berkontribusi, dan mengambil peran aktif terhadap organisasi. Laku tersebut akan membuat orang lain merasa bahwa keberadaannya dapat memberikan kontribusi.
4. Bersikap Ramah dan Terbuka
Sikap ramah dan terbuka akan membantu humas untuk mendekatkan diri kepada orang lain. Sikap ini harus dibarengi dengan kerendahan hati untuk menerima setiap pendapat yang masuk, dan mempertimbangkannya dalam pengambilan keputusan organisasi.
5. Mengakui Keterbatasan
Setiap organisasi pasti memiliki keterbatasan, dan humas harus bisa menjadi perpanjangan tangan dalam mengakui hal tersebut jika diperlukan. Hal ini dapat membuat pihak lain menghargai dan memercayai organisasi lebih dalam.
6. Berbagi Pengetahuan
Dalam konteks membangun kredibilitas, berbagi pengetahuan akan mengukuhkan kapasitas organisasi atau humas dalam bidang yang digeluti. Hal ini secara langsung akan menumbuhkan kepercayaan dari pihak lain.
7. Penuhi Janji dan Komitmen
Terakhir, selalu penuhi janji dan komitmen yang telah dibuat sebelumnya. Konsistensi dalam tindakan akan memberikan kesan bahwa organisasi dapat diandalkan dan dipercaya.
Demikian tujuh tips membangun kredibilitas yang bisa diadaptasi humas. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! (HUR)
