Penting untuk mempertimbangkan sembilan kriteria ini sebelum memilih seorang pejabat humas (public relations officer/PRO).
YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Dinamika dan kompleksitas dunia komunikasi yang telah menghadirkan tantangan dalam penyampaian informasi, menuntut setiap organisasi untuk memiliki tim humas yang kompeten. Dalam hal ini, ada sejumlah kriteria yang harus diperhatikan untuk memastikan calon pejabat humas (public relations officer/PRO) dapat menjawab tantangan komunikasi organisasi.
Dikutip dari buku Kiat Hebat Public Relations ala Nabi Muhamad SAW (2013) karya Iqra Al-Firdaus, secara umum seorang pejabat humas harus memahami kegiatan organisasi, berwawasan dalam riset dan perencanaan program kehumasan, hingga menguasai teknik komunikasi hinga menjaga hubungan baik dengan berbagai stakeholder.
Sementara itu, Rini Darmastuti dalam buku Etika PR dan E-PR (2007), menjelaskan, pejabat humas juga harus memiliki integritas yang tinggi dalam profesinya. Di samping itu, menurutnya terdapat sekurangnya sembilan kriteria lain yang wajib dimiliki pejabat humas. Apa saja?
1. Relasi
Seorang pejabat humas harus mampu berkomunikasi dengan efektif, dan menjalin relasi yang baik dengan berbagai pihak. Kedua hal ini merupakan “roh” dari pekerjaan humas.
2. Rendah Hati
Sifat rendah hati adalah kualitas penting yang harus dimiliki seorang pejabat humas. Sikap ini akan membuatnya tetap terbuka terhadap masukan dan kritik.
3. Mudah Beradaptasi
Bidang humas terkenal dengan dinamika yang seringkali menghadirkan tantangan. Kondisi ini menuntut pejabat humas memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat.
4. Mampu Menghadapi Beragam Karakter
Pejabat humas akan sering berinteraksi dengan berbagai pemangku kepentingan yang memiliki gaya komunikasi, harapan, dan kebutuhan berbeda-beda. Oleh karena itu, mereka harus dapat menyesuaikan pendekatan agar komunikasi bisa tetap efektif.
5. Memiliki Komunikasi yang Baik
Pejabat humas bertanggung jawab menyampaikan pesan organisasi kepada publik dan stakeholder dengan cara yang jelas, menarik, dan mudah dipahami. Keterampilan ini mencakup kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan, serta menguasai berbagai teknik komunikasi yang efektif.
6. Pandai Mengorganisir Segala Sesuatu
Pejabat humas harus siap menangani banyak tugas dalam satu waktu. Situasi ini mengharuskan mereka memiliki kemampuan organisasi yang apik, agar setiap tugas yang dikerjakan tetap efektif.
7. Memiliki Integritas Personal
Pejabat humas harus jujur dan transparan dalam semua interaksi. Memiliki integritas berarti selalu berpegang pada etika baik ketika menyampaikan informasi, maupun saat membangun hubungan dengan stakeholder.
8. Punya Imajinasi yang Kuat
Kreativitas adalah kunci menghadirkan strategi komunikasi maupun kampanye yang menarik dan efektif. Pejabat humas yang memiliki daya imajinasi akan mampu menghasilkan ide-ide inovatif guna memikat perhatian publik, dan dapat menciptakan strategi yang unik.
9. Serba Tahu
Pejabat humas dituntut memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai topik, mulai dari produk dan layanan organisasi, hingga isu di seputar industri yang mencakup tren pasar, atau kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah.
Demikian sembilan kriteria yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kandidat pejabat humas di organisasi Anda. Semoga bermanfaat, ya! (AZA)