Praktik “Dark” PR, Rahasia Gelap di Balik Layar

Share post
Ilustrasi praktik greenwashing dalam dunia PR. Foto: Kuswoyo/Tempo.

Greenwashing, strategi yang digunakan beberapa perusahaan untuk tampak lebih ramah lingkungan adalah bentuk lain dari dark PR.

YOGYAKARTA, HUMASINDONESIA.ID – Dunia public relations (PR) bukan hanya tentang kisah sukses dan strategi komunikasi yang menginspirasi. Ada sisi gelap yang jarang dibicarakan, namun berdampak besar terhadap masyarakat dan lingkungan. Buku Dark PR: How Corporate Disinformation Harms Our Health and the Environment oleh Grant Ennis mengupas tuntas praktik PR yang tidak etis, yang bertujuan untuk memanipulasi, menyesatkan, atau menipu publik.

Grant Ennis, dalam karyanya Dark PR, tidak hanya mengungkap praktik PR merugikan tetapi juga menyajikan contoh nyata yang membangkitkan kesadaran. Industri rokok dan strategi dark PR-nya untuk menyangkal hubungan antara merokok dengan kanker adalah salah satu kasus paling terkenal. Dengan stratgi yang licik, industri ini berhasil menyesatkan pulik dan regulator tentang risiko kesehatan yang sebenarnya, menunjukkan betapa merusaknya praktik dark PR.

Kasus industri rokok ini bahkan diangkat ke layar lebar dalam film Thank You for Smoking. Film ini becerita tentang Nick Naylor, juru bicara karismatik untuk Big Tobacco, yang berusaha mempromosikan rokok sambil menjadi panutan bagi putranya. Nick, dengan kecerdikan dan kemampuan berargumen, berhasil membalikkan argumen kesehatan publik tetang merokok, menekankan pada hak asasi individu untuk merokok.

Selengkapnya Baca di E-MAGZ Edisi 108: Praktik “Dark” PR, Rahasia Gelap di Balik Layar

Share post

Tentang Penulis
Jojo S. Nugroho

Jojo S. Nugroho

ARTICLE (4)